PARIWISATA NUSA TENGGARA TIMUR
DIMATA DUNIA
Selamat
hari pariwisata...!!!
Pariwisata Nusa Tenggara Timur saat ini sedang menjadi
sorotan dunia. Mengapa tidak? Program pemerintah Nusa Tenggara Timur yang
menjadikan NTT sebagai propinsi pariwisata sudah terlihat sangat jelas dan
boleh dikatakan “Berhasil” promosi
terus dilakukan dan hasilnya duniapun tahu, hewan purba Dragon Komodo berhasil
menjadi new seven wonder dan mampu mengalahkan kompetitor dari negara lain. Itu
artinya destinasi pariwisata NTT tidak boleh dipandang sebelah mata. Dengan
terpilihnya komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia NTT terus
dibanjiri oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tidak berhenti
pada komodo saja yang menjadikan ikon pariwisata NTT demi memperkenalkan potensi-potensi
pariwisata yang ada pemerintah selaku pemegang kekuasaan terus membuat inovasi
– inovasi baru dengan tujuan agar destinasi wisata di NTT lebih dikenal lagi
oleh para wisatawan baik domestik maupun
mancanegara, berbagai kegiatan terus dilakukan diantaranya adalah : East Nusa
Tenggara Expo dan Komodo Travel Mark atau yang lebih dikenal dengan ENTEX dan
KTM ini membuktikan bahwa segala potensi yang ada harus dipromosikan dan menggandeng
segala elemen yang terkait untuk bisa menyatukan visi dan misi memngembangkan
potensi pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Timur tercinta. Tidak berhenti
pada kegiatan tersebut diatas demi tercapainya program pemerintah yang
menjadikan NTT sebagai propinsi pariwisata, dinas Pariwisata NTT menggelar
lomba fotografi bawah laut yang pertama di kabupaten Alor pada tahun 2014 yang
lalu dan yang kedua di kabupaten Lembata pada pertengahan bulan Agustus yang
lalu dan mampu menghipnotis para peserta lomba dengan keindahan wisata bawah
laut yang disuguhkan. NTT perlu berbangga segala potensi wisata yang dimiliki
menjadi destinasi yang mungkin wajib dikunjungi oleh para wisatawan dari
berbagai belahan dunia. Tidak hanya sebatas potensi dan daya tarik yang dimiliki
akan tetapi faktor pendukung harus berjalan demi menopang pertumbuhan
pariwisata yang begitu pesat dalam hal ini para pelaku usaha pariwisata juga
berperan penting dalam mendukung perkembangan pariwisata, ekonomi kreatif dan
juga sumber daya manusia agar mampu mengembangkan potensi yang ada. Pariwisata adalah industri
multisektoral yang dinamis dimana dapat menciptakan usaha-usaha kreatif untuk
meningkatkan pendapatan masyarakat. Adalah benar bahwa daya tarik wisata
merupakan komponen utama dalam industri pariwisata, namun tidak dapat
dipungkiri pula bahwa sumber daya manusia dan ide –ide kreatif serta
komponen-komponen pelengkap lainnya dari pelaku usaha pariwisata turut
mendukung eksistensi daya tarik wisata itu sendiri serta memberi kontribusi
terhadap pergerakan ekonomi kreatif dari pariwisata. Hal ini mendorong
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi
Kreatif dalam Program Pengembangan Kemitraan Kebudayaan Destinasi dan Promosi
Pariwisata merangkul stakeholder pelaku usaha pariwisata di Provinsi Nusa
Tenggara Timur untuk menyatukan presepsi serta meningkatkan kerja sama antar mitra usaha pariwisata agar segala
elemen pariwisata dapat disatukan demi memenuhi permintaan konsumen dalam hal
ini wisatawan itu sendiri. Bertepatan dengan thema world Tourism Day kali ini
yang diperingati pada tanggal 27
september 2015 yakni Satu juta tourist
satu juta peluang Nusa Tenggara Timur sangat layak dan cocok menyandang
Thema ini. bukan tanpa alasan karena jauh sebelum thema ini diumumkan program
pemerintah Nusa Tenggara Timur yang ingin menjadikan NTT sebagai propinsi
pariwisata akan berusaha mendatangkan para wisatawan sebanyak-banyak untuk
datang ke Nusa Tenggara timur. Itu artinya sejuta peluang ada dan bagaimana
kita memanfaatkan segala peluang yang ada. Dibutuhkan kreatifitas dan sumber
daya manusia yang mumpuni untuk menjawab peluang yang ada dari sektor pariwisata.
Berbicara tentang peluang Nusa Tenggara Timur boleh dikatakan memiliki sejumlah
peluang yang dapat dimanfaatkan mulai dari jasa Akomodasi, Transportasi,
restoran dibangun demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi para wisatawan
yang datang berkunjung ke Nusa Tenggara
Timur. Melihat dari letak geografis NTT dan dikenal sebagai Propinsi kepulauan
maka memanfaatkan segala peluang yang ada pemerintah berusaha menarik para
investor untuk mengembangkan usahanya ke NTT dalam hal ini yang sering kita
jumpai adalah usaha dalam bidang jasa yakni Hotel dan restoran yang berkembang
sangat pesat di NTT khususnya kota Kupang sebagai ibukota propinsi Nusa
Tenggara Timur. Bukan tanpa alasan karena kota Kupang dijadikan tempat transit
bagi para wisatawan yang hendak melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah dimana
sesusai dengan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Tidak hanya di Kota
Kupang, di daerahpun tidak ketinggalan dalam memanfaatkan sejumlah peluang yang
ada, melihat bahwa daerah sedang menjadi pilihan bagi wisatawan maka dibangun
pula home stay yang disediakan khusus bagi wisataawan yang datang berkunjung
sehingga para wisatawan tidak kesulitan dalam mencari tempat penginapan. Dalam
konteks ini saya memberi contoh seperti Danau tiga Warna di Kabupaten Ende atau
lebih dikenal dengan sebutan Danau Kelimutu, karena jaraknya yang cukup jauh
dari kota sehingga dibangunlah Home Stay yang ada di Desa Moni yang notabene
desa yang berada dekat dengan danau Kelimutu sehingga para wisatawan tidak
kesulita mencari tempat penginapan. Dengan memanfaatkan segala peluang yang ada
maka keuntungan akan kembali kepada masyarakat setempat, kehidupan ekonomi
masyarakat sangat terbantu dengan adanya peluang dari sektor pariwisata. Ketika
membuka Hotel, Home stay, Restoran, dan Transportasi maka secara otomatis
membutuhkan Sumber daya manusia yang mumpuni dan siap pakai. Manfaatnya sangat
jelas dengan adanya lapangan pekerjaan tersebut kehidupan masyarakat akan lebih
baik dan jika kesejahteraan masyarakat disuatu daerah berhasil maka beban
ekonomi akan berkurang dan bebas dari jeratan kemiskinan yang masih melekat
pada propinsi Nusa Tenggara Timur.
Disaat sektor pariwisata sedang
berkembang pesat hingga saat ini propinsi Nusa Tenggara Timur belum meiliki
lembaga khusus untuk menangani promosi pariwisata padahal badan promosi
pariwisata sangat berguna dan efektif didalam melakukan promosi segala
destinasi pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Timur mengingat NTT
adalah propinsi kepulauan dan beragam bahasa, budaya, adat istiadat, dan
semua destinasi yang dimiliki oleh daerah masing-masing. Selama ini yang
menangani promosi pariwisata NTT adalah
dinas pariwisata akan tetapi alangkah lebih baik bila ada suatu lembaga khusus
untuk menangani bidang promosi sehingga lebih terarah dan fokus untuk mencapai
tujuan demi mearik minat para wisatawan untuk datang berkunjung ke Propinsi
Nusa Tenggara Timur Tercinta... SEKIAN...!!!
Rinthodjago.blogspot.com
Mr Green | casino | drmcd
BalasHapusCasino 안성 출장샵 and Gambling 상주 출장마사지 - Welcome to DrMCD! Dr. Green Casino has everything you need to 진주 출장샵 get started. Over 300 slot machines, 하남 출장샵 top live dealer games, video 영천 출장안마 poker and more.