TUGAS
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
( CRM )
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
( CRM )
OLEH
NAMA : WILFRIDUS
A. DJAGO
NIM : 1223743286
SEMESTER : III
SEMESTER : III
JURUSAN
MANAJEMEN PARIWISATA
POLITEKNIK
NEGERI KUPANG
|
v Contoh
kasus industri jasa pariwisata, analisislah menggunakan CRM dan kaitkan dengan
marketing mix.
(Place,
produk, price, place, people, promotion, procces, physical evidence.
Saya ambil
contoh antara hotel Kristal dan swissbell yang melakukan kerja sama, dari pihak
swissbell melihat peluang bisnis sangat bagus sehingga mereka melakukan kerja
sama dengan pihak hotel Kristal.
kaitannya dengan marketing mix adalah :
kaitannya dengan marketing mix adalah :
Ø Produk
Produk yang ditawarkan dari pihak hotel Kristal
dengan bantuan dana yang diberikan oleh pihak swissbell sangat bagus dan
mempunyai satu tujuan yang sama adalah memberikan yang terbaik kepada setiap
pelanggan atau tamu hotel
Ø Place
Tempat yang
dipilih oleh pihak siwissbell adalah hotel kristal karena melihat tempat hotel
Kristal ang sangat strategis dan sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan pihak swissbell menambah agar
menjadi lebih baik lagi.
Ø People
Orang yang
terlibat langsung dalam kerja sama ini adalah Pihak hotel Kristal dan pihak
swissbell
mereka melakukan kerja sama mempunyai tujuan yang sama yaitu sama-sama mengelola hotel agar mendapatkan keuntungan.
mereka melakukan kerja sama mempunyai tujuan yang sama yaitu sama-sama mengelola hotel agar mendapatkan keuntungan.
Ø Promotion
Setelah
melakukan kerja sama langkah selanjutnya adalah melakukan promosi dengan
menampilkan keunggulan yang ada pada hotel tersebut. Bukti nyata promosi adalah
bias dilihat iklan-iklan dikoran tentang fasilitas kamar yang ada di hotel
Kristal disertai dengan harga permalam. Dan yang berikutnya adalah didepan
hotel adalah baliho yang menampilkan kamar hotel dengan harga permalam.
Ø Price
Harga yang
ditentukan dalam bekerja sama mengenai hasil dari apa yang telah disepakati
yakni tentang hotel itu sendiri mulai dari harga kamar, restaurant, dll.
Ø Process
Proses yang
dilakukan antara pihak hotel Kristal dan swissbell mulai dari perencanaan sampai
ke tahap keseakatan antara kedua belah pihak sehingga menghasilkan kerja sama
antara hotel Kristal dan swissbell.
Ø Psycal
Evidance
Tampilan fisik
dari hasil kerja sama antara hotel Kristal dan swissbell adalah adanya renovasi
gedung hotel dan selanjutnya adanya penggabungan nama hotel yang sebelumnya
hanya Hotel Kristal namun sekarang menjadi Swissbellin Kristal hotel. Itu
merupakan bukti nyata dari hasil kerja sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar